Total Pageviews

Tuesday, October 23, 2007

BAKSO URAT


Description:
ini resep sekedar untuk ngingatin gw supaya ngga repot browsing kalo gw mau bikin lagi, ukuran kira2 aja, ini hasil browse sana sini, ditambah pakai perasaan sesuai dgn seleraku

note: gw puas banget ama bakso urat bikinan gw, sesuai selera gw, ada kriuk2nya, gw ngga gitu suka bakso yg licin, lebih suka yg lumpy

Ingredients:
kemaren itu gw bikin dgn :
- 1 lbs beef tendon, rebus sp empuk, pake presto, sesudah bunyi, kecilin api, masak lagi 20 menit, potong2, bekukan, di thaw sebentar sebelon diproses, jangan sp cair abis
- 2 lbs lebih (1 pack lean ground beef dari Walmart, cari yg segar),overnight dikulkas
- 2 sdm bawang merah goreng
- 2 sdm batih goreng
- garam, merica yg banyak
- putih telor ( 3 biji deh)
- 1 sdt baking powder
- tepung sagu (gw pake tepung ubi), kira2 aja, pake perasaan, ngga banyak2 sih
- apalagi ya, moga2 ngga ada yg kelupaan






Directions:
- campur semua bahan, proses di food processor, giling sp pucat, kalo terlalu seret, kasih sedikit air es
- dikulkas dulu bentar
- bentuk bulat2
- rebus dalam air mendidih yg sudah dibumbuin dgn royco, bawang goreng, bawang putih goreng, juga campuran kuah bekas rebusan kikil ( optional, bisa pakai air biasa juga)
- biarkan mendidih 10 sp 15 menit
- angkat, langsung masukan dalam baskom berisi air es, biarkan sp dingin
- tiriskan, masuk ziploc, bekukan, siap di proses sesuai selera setiap saat

Photobucket

29 comments:

  1. asyiik dapat resep bakso urat...tp Meii, gimana sih modelnya urat, aku ketoko Asia ngga bisa nemuin urat tuh.

    ReplyDelete
  2. wah gimana neranginnya ya Lin :)) urat sapi sebelon direbus warnanya putih, panjangnya kira2 20 cm, kalo sudah direbus warnanya jadi bening (kadang ada toko yg jual yg sudah direbus juga), letaknya ada dibagian kotak pendingin (ngga frozen) bareng dgn cakar ayam, pork blood, babat (tripe), hati ampla dllnya deh, namanya beef tendon, coba deh dicari lagi, moga2 nemu ya, bikin kwetiau kuah or yam kwetiau pake urat juga enak :))

    ReplyDelete
  3. Mpok, minjem perasaan dan seleranya dooong.. sekalian minjem orangnya aja! :)

    ReplyDelete
  4. haha Des, you made my day.. my first laugh for today :)), coba kita deketan ya Des, ta' rantangin (eh ambil sendiri kerumah :))

    ReplyDelete
  5. mo tanya.kalo beli tendon itu dimana ya mpok? gue jarnag bgt sih nemu disini
    btw teknyuuuuu resepnya pengen coba2ah

    ReplyDelete
  6. Thanks resepnya, gairah masak lagi berkobar liat bakso Urat mpok Imeii.

    ReplyDelete
  7. di Asian Market Yun, kalo di lokal store kadang ada juga, tapi udah diproses dan frozen

    ReplyDelete
  8. Masak si Mpok? :) Tetanggaan sama si Mpok ini.. hmm.. it's like my dream comes true! Mpok rantangin makanan, aku dropin Forrest or Choe (wah, indahnya duniaku). Btw, I like your mp background, Mpok.. cantik, segeerrrrrr.. pemandangan di sana kah?

    ReplyDelete
  9. Mpo rebus tendon spy cepet empuk pakein soda kue +/-1 sdt.
    Kapan2 boleh dicoba nih thanks, btw pernah bikin baso enga pake telor enga mpo, gimana hasilnya?

    ReplyDelete
  10. oops Des, Chloe boleh di drop buat nemanin ogut :)), itu background foto yg kita ambil di aspen, Mt. Aspen, pemandangan belakang rumahnya The Zausmers, bagus ya :))

    ReplyDelete
  11. kabar kabari ya tiek kalo udah di AZ

    ReplyDelete
  12. thanks Dew, ntar kucobain, aku suka makan tendon sih :), baso ngga pake telor? belon pernah tuh...

    ReplyDelete
  13. Meii, royco nya di sini ada jualkah? kepengen banget nih bikin.
    BTW, buncis yg pake daging itu, tetangga ku org Jepang suka banget lho...katanya enak ama gampang...

    ReplyDelete
  14. Lies, royconya gw bawa dari Indo, pake knorr boleh juga, ngga pakai juga ngga apa2 kok, gw juga baru2 mulai pakai royco, ketepaan emak gw :))

    ReplyDelete
  15. kirim lewats DHL ya Ce, 2 mangkok bakso urat..he..he..he,,.

    ReplyDelete
  16. Waduh Mpok....baksonya menggugah selera..... :-)

    ReplyDelete
  17. wado mpok, disini hari ini dingin banget nih..................... jadi kepengen nemakso nih................. ribet gak sih bikin nya mpok???????/ pingin nyoba deh...

    ReplyDelete
  18. ta' kirimin uratnya aja deh ya Ed (nawar.com) :))

    ReplyDelete
  19. ditambah sambal, kecap manis dan jeruk nipis ya Em

    ReplyDelete
  20. ribet mpok, kalo ngga kepengen banget sih gw ogah bikinnya, tapi waktu nyantapinnya.. worth it ..hehe

    ReplyDelete
  21. Duh enak banget deh nih Mpok apalagi dingin2 gini, pengen nyoba ah kapan2 (baca: kalo rajinnya kumat) hehehehe

    ReplyDelete
  22. Ntar mo nyoba deh dirumah baru mpok

    ReplyDelete
  23. kirimi daku dong :D :D
    USPS 3 hari nyampe :D

    ReplyDelete
  24. Barusan aku bikin Mpok, tapi cuma pakai daging giling, bawang putih, tepung sagu, garam, lada dan putih telur. Hasilnya lumayan enak, hasil ngebrowse website orang...hehehe.

    ReplyDelete
  25. Mei, elo beli tendon di mana ?
    Aduh tuh bakso menantang selera bener. Tinggal deket gue dong,biar gue catering ama elo deh,hihihi........
    Ntar kapan2 gue coba dah kalo lagi rajin.

    ReplyDelete
  26. Imelda, di chinatown gue suka liat "daging" putih2, panjang, seperti yang lu describe-in ke anak2, warnanya putih susu,.... so itu tendon ya? dijual fresh di HNL chinatown, gue tanya yang jual itu tendon bukan, yang jual manggut2 doang, gue suka sangsi kalo tanya ini itu disana, seringnya yang jual manggut2 aja asal dagangan laku, jadinya gue gak beli :) terus gue browse, pertama gue geblek, cuma tulis keyword....tendon... wuiih...hasilnya keluar image HUMAN tendon....JIJAY!! ampe shock gue...!!! :) terus baru inget gue kudu tulis BEEF TENDON, baru deh bener, tapi gambarnya kurang jelas, cuma kayanya bener yang gue liat di chinatown itu :)

    HIDUP BEEF TENDON!! gue doyan banget, kenyal2 gitu!! kalo order di Pho resto, gue selalu minta tendon sama tripe tapi dikit dikasihnya, diiris2nya tipis2 banget!!! gak puas, beda sama soto2 Indo, urat2nya gede2, mantap!! :)

    ReplyDelete